Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Ukulele Alat Musik Tradisional Maluku

Wednesday, May 21st 2014.

Maluku memiliki alat musik tradisional yang cukup unik dan lucu yakni berbentuk gitar yang biasanya seringkali dimainkan pada saat mengiringi lagu-lagu keroncong. Alat musik tersebut dikenal dengan sebutan Ukulele. Ukulele ini merupakan sikembar dari alat musik gitar berbentuk mungil/kecil yang juga dimainkan dengan cara dipetik. Nah, untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai sejarah Ukulele Alat Musik Tradisional Maluku, simaklah serpihan cerita menarik berikut ini

ukulele

Alat musik khas Maluku ini diperkirakan telah muncul dari peradaban saat tahun 70an yakni sekitar tahun 1979 yang merupakan alat musik petik yang berasal dari Hawai. Namun sebelum Ukulele ini menjadi salah satu deretan alat musik tradisional yang ada di Indonesia, ternyata alat ini juga mengisahkan sebuah cerita yang cukup indah. Dimana kisah tersebut konon katanya bermula dari seorang imigran yang berasal dari bangsa Portugis yang mana pada saat itu sedang melakukan sebuah perjalanan ke beberapa tempat tujuan sambil menelusuri beberapa negara yang akhirnya sempat berlabuh di daerah kawasan Hawai.

Tujuan penjelajahan tersebut, ditempuh dengan tujuan utama hanya mencari suatu kehidupan yang baru. Selama dalam perjalanan, sembari singgah dan berjalan ke beberapa negara. Salah satu di antara pengikutnya, ada yang membawa sebuah alat musik gitar berbentuk kecil dengan 4 senar yang seringkali dimainkan dengan cara dipetik. Pada saat itulah, alat musik mungil tersebut mulai dikenal hingga hampir diseluruh kepulauan Hawai.

Tak hanya itu, bahkan masuknya alat ini di Negara kita tercinta. Dibawa oleh Alfonso d’Alburqueque (seorang armada Portugis) yang mana pada masa itu dirinya pernah singgah di daerah Maluku. Pada saat itulah, gitar berpostur mungil ini mulai mewabah dan banyak diminati oleh masyarakat sekitar yang akhirnya diberi nama dengan sebutan Ukulele. Para penduduk sekitar kian jatuh hati pada gitar kecil tersebut dan mulai menirunya. Ketertarikan masyarakat pribumi pada alat musik mini ini, menempatkan dirinya sebagai alat musik tradisional khas Maluku hingga akhirnya dipadukan dengan aliran jenis musik keroncong

Musik keroncong terlahir di Nusantara sejak tahun 1880 yang juga dimainkan dengan menggunakan alat musik Ukulele sebagai salah satu alat pengiringnya. Keberadaan alat musik Maluku ini tak hanya diterima di kawasan masyarakat sekitarnya saja. Bahkan dimata duniapun, gitar mungil dan lucu ini juga telah menjadi salah satu alat yang cukup banyak diminati oleh sebagian orang.

Apakah anda juga termasuk salah satu penggemar alat Musik tradisional Maluku ini ?

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)