Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Sekilas Mengenai Keberadaan Alat Musik Garantung

Monday, June 2nd 2014.

Garantung merupakan salah satu alat musik tradisional khas Kalimantan Tengah yang memiliki bentuk cukup unik dengan postur keseluruhan mirip sekali dengan alat musik Gong yang biasa digunakan sebagai alat musik pengiring Gamelan Jawa. Biasanya perangkat musik ini sangat mudah ditemukan di kawasan Suku Dayak yang biasanya digunakan saat terdapat acara-acara penting keagamaan, seperti halnya terdapat peristiwa berkabung (meninggal dunia) serta hal-hal lain yang berhubungan dengan ritual agama Kaharingan.

garantung

Meskipun alat musik ini mirip sekali dengan alat musik Gong, namun yang membedakannya yakni dari sisi warna serta torehan suara/bunyi yang dihasilkannya. Garantung sedikit memiliki warna redup kehitam-hitaman, sedangkan Gong memiliki corak dan warna keemas-emasan serta memiliki bunyi yang cukup cepat jika dibandingkan dengan gong. Untuk membunyikannya, alat ini dibunyikan dengan cara dipukul-pukul menggunakan bantuan benda lain yakni berupa alat tabuh yang terbuat dari bahan kayu yang kokoh dengan bagian ujung kayu dibaluti dengan kain atau karet.

Awal mula ditemukannya Alat Musik Garantung ini, menimbulkan beberapa pendapat dari sisi dan pandangan yang berbeda-beda. Para masyarakat sekitar, konon katanya alat musik tradisional ini merupakan suatu titisan dari nenek moyang yang bertujuan sebagai salah satu sarana komunikasi terhadap para arwah dan para leluhur yang sudah tiada. Sisi lain ada yang beranggapan bahwa, masuknya perangkat musik ini dibawa oleh segerombolan para pedagang dari Jawa. Sedangkan sumber lain ada juga yang mengatakan bahwa pedagang asinglah yang membawa alat musik ini ke Kalimantan Tengah saat dirinya sempat menginjakkan kakinya di kawasan tersebut.

Hal ini tentu saja akan membuat siapapun akan merasa kebingungan. Siapa dan siapakah yang benar-benar penemu alat musik garantung ini pertama kali. Namun secara garis besar keberadaan Alat Musik Garantung bagi masyarakat Suku Dayak (Kalimantan Tengah) pada umumnya, telah menjadi salah satu bagian penting dan cukup berharga khususnya dibidang kesenian musik dan sangat mudah dimainkan oleh siapapun.

Hingga saat ini bagi para penganut agama Kaharingan dan para Suku Dayak pada umumnya, munculnya Alat Musik Garantung ini masih tetap diyakini sebagai salah satu alat musik utama yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk mendekatkan dirinya terhadap para pendahulunya.

Itulah Sekilas Mengenai Keberadaan Alat Musik Garantung milik khas Suku Dayak. Menurut kami s iapapun yang membawa ataupun menemukan alat musik tersebut, perangkat musik ini kini telah menjadi salah satu alat musik tradisional milik Kalimantan Tengah dan sudah ada sejak dulu hingga saat ini.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)