Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Mengorek Alat Musik Kecapi

Friday, May 16th 2014.

Membahas satu persatu mengenai keberadaan berbagai alat musik tradisional yang terdapat di wilayah Nusantara, menghadirkan ragam keunikan tersendiri dengan torehan hasil karya-karya seninya. Bahkan atas hasil inspirasinya tersebut, membuat sisi kedaerahan makin menempatkan dirinya memiliki nilai tersendiri yang tidak mungkin dimiliki oleh daerah lainnya. Nah, kali ini kami mengajak anda untuk Mengorek Alat Musik Kecapi yang merupakan perangkat musik klasik berparas unik yang dapat anda jumpai di tanah Sunda. Bahkan hampir di seluruh kawasan daerah tersebut menjadikan kecapi ini sebagai alat utama kesenian yang selalu menjadi minat masyarakat sekitar

kecapi

Dengan sisi tampilan yang cukup unik, proses pembuatan awal hingga alat ini terlahir sempurna masih membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Hal ini dikarenakan, bahan dasar untuk membuat alat ini berasal dari kayu kenanga. Dimana harus direndam terlebih dahulu sebelum dipoles sedemikan rupa. Tak hanya dari segi bahan, untuk dapat menghasilkan bunyi/suara yang lebih sempurna, alat musik ini membutuhkan senar/kawat yang berasal dari bahan-bahan campuran dari logam yang dipadu padankan dengan emas dan tembaga.

Alat musik kecapi ini hadir dengan dua jenis dan bentuk yang tidak sama, yakni Kacapi Parahu dan Kacapi Siter. Kacapi Perahu ini berbentuk kotak dengan resonansi pada bagian bawahnya terdapat lubang yang berguna sebagai alur untuk suara yang dihasilkan/keluar. Pada bagian ujung atau sisi kacapi jenis ini, dirancang hampir mirip dengan bentuk perahu. Sedangkan Kacapi siter juga berbentuk kotak, namun dari segi bidangnya mendatar sejajar/rata dan lubang bawahnya berbentuk trapesium.

Sedangkan dari segi manfaat serta fungsinya alat ini dimainkan dengan cara kacapi indung dan kacapi rincik (anak). Kacapi indung ini berperan sebagai ketua alias pemimpin musik yang dapat mengatur naik turunnya nada/tempo. Namun dalam hal ini kacapi yang dibutuhkan yakni kacapi besar dengan jumlah dawai 18 sampai 20. Sedangkan kacapi rincik bertugas sebagai pengiring musik dalam memainkan sebuah lagu. Namun alat yang digunakan untuk jenis ini adalah kacapi yang lebih kecil dari kacapi indung dengan jumlah dawai hanya 15.

Namun sayangnya, untuk mendapatkan jenis alat musik ini. Anda harus merogoh gocek yang cukup dalam-dalam. Apakah anda berminat ingin membeli alat musik KecapiĀ  ?

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)