Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Mengenal Alat Musik Harpa

Friday, May 2nd 2014.

Keberadaan alat musik harpa bisa dibilang tidak se-populer alat musik lainnya seperti gitar, piano, drum dan lain-lainnya. Namun jangan salah, meski tidak semua masyarakat mengenal alat musik ini, tetapi harpa termasuk kategori alat musik dengan hasil harmonisasi instrument yang sangat digemari oleh kelompok masyarakat menengah keatas. Alat musik yang erat dengan musik klasik ini pun mulai mendapatkan respon positif dari pecinta musik tanah air sebagai salah satu penghasil nada-nada indah seperti alat-alat musik lainnya.

Mengenal Alat Musik Harpa

Sama seperti gitar, harpa adalah alat musik berdawai dan dimainkan dengan cara dipetik. Meskipun terdapat beberapa varian bentuk, berat, dan ukuran, namun pada dasarnya setiap harpa memiliki 3 bagian utama yaitu papan suara, leher, dan senar. Secara umum, harpa memiliki bentuk baku yaitu segitiga (triangular). Tapi tentu saja didesain sedemikian rupa sehingga meskipun bentuk dasarnya segitiga, terlihat lebih variatif karena tambahan modifikasi dibeberapa bagian.

Harpa yang paling sering digunakan umumnya memiliki tinggi dari lantai sekitar 2 – 6 kaki atau kurang lebih 60 cm – 180 cm. Sama seperti ukurannya, jumlah senarnya juga bervariasi yakni 22 hingga 47 buah senar. Biasanya harpa yang berukuran kecil bisa dimainkan dengan dipangku, sementara untuk yang berukuran besar diletakkan dengan posisi berdiri di atas lantai.

Teknik pola jari (fingering)

Sewaktu pertama kali belajar memainkan harpa, teknik awal yang harus dikuasai adalah penjarian/ pola jari (fingering). Perlu diketahui, memainkan harpa harus menggunakan 4 jari (ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan jari manis). Dalam hal ini jari yang bermain tidak hanya dari satu tangan, tetapi kedua tangan. Jari-jari yang digunakan dibagi menjadi 4 bagian yaitu jari 1, jari 2, jari 3, dan jari 4. Saat jari-jari mulai memetik senar, pastikan kondisi jari tetap rileks (tidak kaku). Dari situ bisa dimulai teknik memetik senar harpa dengan menggunakan satu jari, kemudian kombinasi dua jari, dan seterusnya. Seperti halnya belajar alat musik lain, pada awalnya memainkan harpa memang agak sulit, namun jika fingering sudah bisa dikuasai, proses belajar bermain harpa juga bisa lebih cepat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)