Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Keberadaan Alat Musik Gambus di Berbagai Daerah

Thursday, May 29th 2014.

Gambus merupakan sebuah alat/perangkat musik yang masih tergolong alat musik petik yang dapat dimainkan dengan cara dipetik. Alat ini memiliki 3 hingga 12 buah senar serta memiliki postur/bentuk yang cukup unik dengan bagian ujung sedikit membengkok. Biasanya alat ini dimainkan dengan iringan perangkat musik lain seperti gendang, biola, seruling dan alat pendukung lainnya. Umumnya biasanya gambus ini digunakan untuk menampilkan suguhan musik yang bernafaskan islami. Bahkan gambus ini juga seringkali menyuguhkan lagu-lagu dari timur tengah/padang pasir (asal usul musik Gambus) yang hingga saat ini sudah mulai banyak di adopsi oleh berbagai daerah.

gambus

Bahkan di Indonesia sendiri, Orkes gambus ini telah menjalar hampir di beberapa titik daerah, seperti halnya Betawi, Riau ataupun daerah lainnya. Di kawasan Betawi saja keberadaan Alat Musik Gambus ini seringkali tampil/unjuk kebolehannya saat terdapat sebuah acara-acara tertentu, seperti halnya acara perkawainan, sunatan dan lain sebagainya. Umumnya aliran jenis musik ini banyak dikagumi oleh warga/masyarakat pribumi yang masih memiliki darah/keturunan arab.

Bahkan, saking mudahnya menemukan jenis aliran musik khas padang pasir ini. Pada beberapa waktu yang lalu, kami sempat berlibur ke daerah ujung timur kawasan Jawa Timur yakni tepatnya di Pulau Madura, dimana saat itu juga. Kami sempat menemukan sebuah kumpulan orkes gambus yang notabene di ikuti oleh warga di sekitar juga memainkan alat musik Gambus dengan tema keislaman. Namun, saat itu pula ada suatu nyanyian yang cukup unik. Dimana segerobolan para pengiring alat musik gambus tersebut, sesekali menampilkan nyanyian musik yang dilantukan dengan menggunakan bahasa Madura. Bahkan arti kiasan kalimat musik yang dinyanyikan saat itu juga, memiliki arti yang cukup menarik meskipun menggunakan bahasa daerah itu juga. Bahkan  suara musik yang diselaraskan dengan berbagai macam bunyi alat pengiring gambus lainnya nampak menjadi lebih bermakna dan semarak para penontonpun cukup terpukau saat menonton dan menyimak arti dari nyanyian itu sendiri

Selain itu, saat itu juga. Antraksi tarian-tarian Zapinpun kian ditonjolkan dengan sebuah gerakan-gerakan tangan dan kaki yang cukup indah dan cukup seimbang dengan irama nada gambus itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa, Keberadaan Alat Musik Gambus di Berbagai Daerah. Telah banyak mewabah dan mulai banyak diterima di mata masyarakat. Apakah anda juga termasuk salah satu orang pengagum/pecinta alat musik gambus ini ?

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)