Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Memperbaiki Mikrofon Bag. 2

Wednesday, September 24th 2014.

Pada tulisan terdahulu mungkin pernah dibahas tentang cara memperbaiki mikrofon. Kali ini kita kita akan mencoba membahasnya kembali, tentu saja perbaikan dari jenis kerusakan yang berbeda.

Cara Memperbaiki Mikrofon Bag. 2

Seperti kita ketahui, jenis kerusakan mikrofon bisa bermacam-macam. Kadang menyala namun kadang mati, suara berisik sampai kerusakan terparah alias mati total. Harga mikrofon memang tidak terlalu mahal, apalagi mikrofon kabel. Tapi jika masih memungkinkan untuk diperbaiki, tidak ada salahnya kita mencoba melakukan perbaikan.

  1. Mikrofon kadang menyala kadang mati

Kali ini kita akan coba memperbaiki kerusakan mikrofon kabel yang kadang menyala kadang mati. Biasanya pada kasus seperti ini, mikrofon mati namun bisa menyala kembali setelah kabelnya dibengkokkan atau digerak-gerakkan. Mikrofon dengan gejala kerusakan seperti ini umumnya disebabkan oleh terputusnya kabel mic yang terhubung dengan konektor, namun jarak antara kedua ujung kabel yang terputus sangat dekat sekali sehingga kadang menyambung kadang tidak. Hal inilah yang akhirnya membuat mic kadang mati tapi kadang-kadang juga menyala.

Cara memperbaikinya dengan memeriksa sambungan antara kabel dan konektor. Jika kabel putus atau lepas, maka bisa disambung kembali dengan cara disolder pada bagian tersebut. Namun jika kerusakan terdapat pada kabelnya (kabel putus), potong kedua ujung kabel yang putus, lalu kupas kedua ujung kabel menggunakan tang lalu sambung kembali kedua ujung kabel tersebut dan tutup dengan isolasi.

  1. Keluar suara berisik dari Mikrofon

Jenis kerusakan mikrofon seperti ini seringkali terjadi dan merupakan kasus kerusakan yang paling banyak dikeluhkan. Mikrofon yangmengeluarkan suara berisik saat digunakan disebabkan karena putusnya jalur input atau jalur positip. Jalur positip ini merupakan jalur yang mengalir ke ujung jack 1/4”, bagian tengah kabel, ke terminal socket atau konektor mic. Perlu diketahui, jalur yang mengalir dari mic ke jack 1/4” terdiri dari 2 kabel yaitu kabel input/positip serta kabel ground/negatip.

Cara memperbaiki jenis kerusakan ini dengan memeriksa sambungan lilitan/spull pada konektor. Untuk memastikannya pemeriksaan bisa dilakukan menggunakan AVO meter. Jika jarum AVO meter tetap diam, maka dipastikan lilitan/spull putus dan harus diganti dengan yang baru.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)