Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Bagian-bagian Alat Musik Biola

Wednesday, May 7th 2014.

Biola merupakan salah satu jenis alat musik gesek dengan postur (bentuk) unik yang dapat dimainkan dengan menggunakan busur (bow). Di Indonesia sendiri, hingga saat ini biola sudah mulai banyak diminati oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan, alat musik yang menyerupai gitar ini sering kali dijadikan sebagai alat pengiring musik saat sedang membawakan lagu-lagu tradisional. Sehingga dapat memberikan kontribusi lebih dengan lantunan suara musik merdunya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai komponen ataupun bagian-bagian yang dimiliki oleh alat musik yang satu ini

Bagian Body (Tubuh) Biola

Secara fisik, body biola ini berasal dari beberapa bahan kayu spruce (menyerupai kayu cemara) yang dipoles sedemikian rupa hingga berbentuk lengkungan-lengkungan unik yang bertujuan dapat memberikan perluasan pada sisi permukaan bagian luar. Alat musik biola ini juga diberikan dua buah celah lubang yang berfungsi sebagai saluran lubang udara dan sebagai nafas udara. Sehingga suara yang dihasilkannya selaras dengan untaian nada-nada indah saat memainkannya. Untuk merekatkan kayu dengan jenis kayu lainnya, yang dibutuhkan hanyalah beberapa jenis lem, seperti halnya lem binatang dan resin/lem kulit binatang.

Bagian Ekor (ujung)

Dibagian ujung (ekor biola) terdapat sebuah penyangga yang bertugas dapat menahan tali (senar) serta disertai dengan alat tambahan penyetel yang diselipkan dengan beberapa senar untuk mempermudah penyetelan.

Bagian Leher

Bagian-bagian Alat Musik Biola lainnyayakni bagian leher, dimana pada bagian ini terdapat sebuah tonjolan kecil yang dapat menjembatani serta penyambung antara badan dan leher biola dengan bahan yang terbuat dari kayu mapel. Tak hanya, itu pada bagian ini pula juga terdapat sebuah papan jari yang umumnya dicat dengan warna hitam mulus sehingga dapat mempercantik kemolekan postur biola dengan bagian ujung papan jari bagian atas sedikit agak menonjol. Tonjolan tersebut dikenal dengan sebutan sadel atas yang berguna dapat menahan laju kekencangan dan kelenturan senar biola

Itulah beberapa komponen yang terdapat pada alat musik biola. Mudah-mudahan ulasan di atas dapat membantu anda dan lebih mengenal mengenai bagian-bagian yang dimiliki oleh alat musik gesek yang cukup unik ini.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)