Buka toko 11.00 - 17.00 WIB
08568888943
08568888943
08568888943
5D9B13A4
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Asal Mula Alat Musik Tradisional “Tong-tong”

Tuesday, May 13th 2014.

Asal Mula Alat Musik Tradisional “Tong-tong” adalah sejenis alat musik sederhana dengan bahan keseluruhan terbuat dari bahan kayu (bambu) atau istilah dalam bahasa madura perreng yang dirancang sedemikian menarik berbentuk bulat panjang dengan bagian tengah diberi lubang agak memanjang yang berfungsi dapat memberikan ruang gerak suara/bunyi nada. Bagi masyarakat madura, umumnya menyebutnya dengan sebutan kenthongan. Agar menghasilkan suatu irama yang merdu, alat ini dilakukan dengan cara ditabuh/dipukul menggunakan bantuan benda lain dengan suara nada yang cukup nyaring dan tinggi. Tok..tok..tok..

asal-mula tong-tong

Musik tong-tong ini umumnya dilakukan pada saat Bulan ramadhan tiba dimana pada tengah malam sekelompok pemuda berkeliling mengitari kampung halamannya sambil memainkan alat musik tong-tong sembari melontarkan nyanyian-nyanyian islami dan nyanyian khas di bulan yang penuh ampunan ini yakni sahur..sahur yang di ucapkan secara berulang-ulang. Nah, dengan ucapan dan suara nyanyian yang kompak, hal ini bertujuan membantu membangunkan masyarakat sekitar untuk menunaikan shalat malam hingga melakukan aktivitas sahur. Kegiatan ini, hampir dilakukan rutin setiap tahun selama sebulan penuh.

Akhirnya sedikit demi sedikit kegiatan ini terus mengalami perubahan hingga terciptalah generasi musik tong-tong modern/wajah baru dengan iringan berbagai jenis alat musik lain yang lebih memberikan santunan bunyi makin merdu. Bahkan jenis alat musik tong-tong ini, juga menyuguhkan segi tampilan yang lebih mempesona dengan polesan ragam bentuk karya yang dihias dengan berbagai bentuk unik nan indah. Hingga akhirnya musik khas Pulau Madura ini, telah berhasil melanglang buana dan telah berhasil menunjukkan taringnya di berbagai pelosok Nusantara yang biasanya diundang untuk memeriahkan dalam rangka memperingati hari-hari besar (ulang tahun) di tiap-tiap daerah yang sering kali menjadi arak-arakan sambil mengelilingi pusat jalan kota.

asal-mula tong-tong 2Meskipun saat ini telah banyak melahirkan berbagai aliran jenis musik, namun musik tong-tong telah menjadi salah satu kesenian musik tradisional yang selalu banyak mengundang perhatian dari berbagai lapisan masyarakat, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu contohnya yakni hampir setiap perayaan atau saat menjelasng Festival musik tong-tong tahunan tiba, banyak para wajah-wajah baru mulai berdatangan untuk menyimak secara langsung mengenai keunikan mengenai salah satu alat tradisional khas Madura ini.

Apakah anda pernah menyimak secara nyata, aksi dari kesenian musik tong-tong ini ? Penasaran khan ! datang dan nikmatilah musik ini secara nyata saat acara tahunan tiba. Itulah artikel singkat dari kami mengenai Asal Mula Alat Musik Tradisional “Tong-tong”.Sekian dan kami ucapkan banyak terima kasih telah mampir di blog kesayangan kami.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)